Minggu, 21 April 2019
Home/ Berita/ Semarakkan Dakwah Melalui Seni, Din Syamsuddin Main Ketoprak

Semarakkan Dakwah Melalui Seni, Din Syamsuddin Main Ketoprak

Yogyakarta- Din Syamsuddin ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, nampak beradu akting dengan seniman kawakan Yati Pesek sampai dengan beberpa pejabat seperti Bupati Sleman, Wakil Bupati Gunung Kidul, serta Ketua PMI DIY, dan juga Rektor Universitas Ahmad Dahlan dengan memerankan satu tokoh bernama Ki Ajar.

Dalam pementasan yang bertempat di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta tersebut, Din Syamsuddin mengingatkan pentingnya peran budaya dalam dakwah Islam di Indonesia. Seni tergantung siapa yang melakoni dan pemaknaannya. Bahkan seni pada zaman WaliSanga seperti Sunan Giri hingga Sunan Kalijaga mendalami seni untuk syiar. Sunan Kalijaga memiliki jiwa seni, salah satunya adalah tembang lir-ilir yang diciptakannya,” jelasnya, Rabu (24/2)

Ketoprak yang digelar merupakan hasil kerja keras Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta yang bekerja dengan beberapa seniman termasuk melibatkan siswa SMA Muhammadiyah serta mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dengan lakon Jumedhuling Surya Ora Tau Owah ini, Din berharap Muhammadiyah dapat maksimal menggarap seni budaya sebagai media dakwah dan syiar, karena dengan begitu umat Islam diharapkan dapat dekat dengan lapisan tradisi masyarakat bawah. (mac)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *