Minggu, 01 November 2020
Home/ Berita/ Hadirnya PCIM Yaman sebagai Bentuk Akselerasi Dakwah Universal Muhammadiyah

Hadirnya PCIM Yaman sebagai Bentuk Akselerasi Dakwah Universal Muhammadiyah

MUHAMMADIYAH.ID, YAMAN – Muhammadiyah semakin melebarkan sayapnya melintas batas negara. Hal ini dilakukan sebagai salah satu misi Muhammadiyah untuk mencerahkan semesta. Muhammadiyah telah melebarkan sayapnya di negeri Yaman.

Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Yaman sendiri berikrar untuk pendirian sejak 25 Oktober 2019 oleh mahasiswa Indonesia di sana setelah masa orientasi perkuliahan selesai.

“Dari fortasi inilah titik balik perkembangan Muhammadiyah Yaman dimulai. komunikasi dan sharing opini yang senantiasa terjalin membuat ikatan ideologis antar individu semakin kuat,” kata Muhammad Arsyad Arifi, Ketua PCIM Yaman saat dihubungi redaksi Muhammadiyah.or.id, Ahad (30/5).

Pada awal pendiriannya, PCIM Yaman hanya memiliki empat anggota, diantaranya, Muhammad Arsyad Arifi, Hamzah Ansori, Ubaidillah Ashimuddin, dan Syauqas Rahmatillah. Namun seiring berjalannya waktu, Muhammadiyah Yaman menjadi diminati oleh banyak mahasiswa Yaman.

“Saat ini ada sekitar 16 Pimpinan dan Anggota yang telah bergabung dengan Muhammadiyah Yaman,” ujarnya.

PCIM Yaman saat ini berpusat di Kota Mukalla, Provinsi Hadramaut, Republik Yaman. Selama hampir delapan bulan pendiriannya, PCIM Yaman telah melakukan banyak kegiatan. Kegiatan tersebut diantaranya, kunjungan, pengajian perkumpulan, dan banyak kegiatan lainnya.

“Kami memiliki sembilan visi misi yang ingin dicapai, diantaranya memperkaya akses dan informasi kepada warga muhammadiyah tentang iklim tarbiyah di Yaman khususnya hadramaut. Menjaga keseimbangan antara “simat” modernisme Muhammadiyah dan budaya turots dalam beragama. Revitalisasi tradisi “sanad” yang telah menjadi aspek fundamental dalam Islam. Revitalisasi agenda tadzkir akan urgensi Ahlul Bait dalam pemenuhan hak dan kewajibannya,” paparnya.

“Kami juga ingin menawarkan sistem taklim abawy, menyiapkan kader Muhammadiyah yang berkharisma ulama dan da’i yang menjadi kultural bagi umat Islam dan kaya wawasan tentang berbagai situs yang menjadi jantung hubungan hablumminallah,” pungkasnya.

Pendirian PCIM Yaman ini berdasar keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 3113/KEP/I.0/D/2020. Keputusan ini diambil berdasar Rapat Pleno Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada tanggal 13 Mei 2020 melalui Telekonferensi Video. Adapun susunan pengurus pcim Yaman periode 2020-2022 sebagai berikut:

Ketua                         :           Muhammad Arsyad Arifi

Wakil Ketua               :           Hamzah Ansori

Sekretaris                  :           Aldida Muhammad Syahrul Ghafur

Wakil Sekretaris        :           Ismail

Bendahara                :           Muhammad Aufa Aflaha

Majlis-Majlis            :

Majlis Pendidikan Kader

Koordinator   : Muhammad Murod Amal Romis

Anggota        :        1. Affan Saidul Majid

                               2. Muhammad Fawwaz AL Ghozy

                               3. Fauzan Muhammad

                               4. Lanang Hutama

Majlis Tabligh dan Tarjih

Koordinator   : Faqih Hidayat

Anggota        :          

                        1. Setyo Abdul Harist

                        2. Rois Miftahun Nurun

                        3. Mukhtar Abdullah

                        4. Ubaidillah Ashimuddin

Majlis Pustaka dan Informasi

Koordinator   : Ridho Purnomo

Anggota :        1. Muhammad Luthfy Al Fattah

                        2. Muhammad Abi Koesno

                        3. Ismail

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *