Minggu, 05 April 2020
Home/ Berita/ Semarakkan Muktamar 48, MPI Gelar Lomba Jurnalistik Fachrodin Award

Semarakkan Muktamar 48, MPI Gelar Lomba Jurnalistik Fachrodin Award

MUHAMMADIYAH.ID, JAKARTA – Guna menyemarakkan gelaran Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Surakarta, Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyelenggarakan lomba karya jurnalistik Fachrodin Award 2020.
 
Wakil Ketua MPI Ahmad Najib Burhani mengungkapkan gelaran lomba yang bertemakan “Kiprah Muhammadiyah dalam Memajukan Umat dan Bangsa” adalah untuk mengangkat peran aktivis Muhammadiyah di tingkat lokal yang memiliki dampak besar bagi masyarakat setempat namun tidak terekspos.
 
 
“Selama ini, ciri berita tentang tokoh nasional Muhammadiyah hanya di Jakarta dan Yogyakarta saja, padahal perjuangan, darah dan airmata perjuangannya lebih terasa di sana, dan ditopang oleh berbagai tokoh daerah yang berasal dari berbagai etnis baik Arab sampai Tionghoa yang sayangnya tidak banyak diungkap,” terang Ahmad Najib.
 
“Sejak awal berdiri, Muhammadiyah pada 1914 sampai di Madura, 1915 sudah sampai di Pagar Alam, Sumatera. Jika itu dicatat, masyarakat dapat membaca tentang perjuangan Muhammadiyah sampai di pelosok sejak masa-masa awal berdiri,” imbuh Koordinator Fachrodin Award 2020 Iman Prihadiyoko.
 
Inisiator Fachrodin Award 2020 Roni mengungkapkan gelaran yang sudah direncanakan sejak lama ini juga dalam rangka mengenang jasa besar Haji Fachrodin dalam gerakan dakwah Muhammadiyah melalui jalur media majalah Suara Muhammadiyah.
 
“Tiga tahun setelah berdirinya Muhammadiyah, yang ngompori Kyai Dahlan agar Muhammadiyah memiliki media adalah Haji Fachrodin. Pada masanya, itu visi yang jauh untuk memasifkan dakwah Muhammadiyah di luar forum yang paten,” jelas Roni.
 
Lomba Fachrodin Award 2020 terbuka untuk umum dengan total hadiah Rp. 32.000.000.  Masa perlombaan digelar selama Januari sampai Mei 2020 dan penganugerahan pemenang dilaksanakan dalam rangkaian acara Muktamar Muhammadiyah 48 di Surakarta, Jawa Tengah. (afn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *