Kamis, 24 Oktober 2019
Home/ Berita/ UM Pekajangan Pekalongan Edukasi Warga Pemanfaatan Sampah Organik

UM Pekajangan Pekalongan Edukasi Warga Pemanfaatan Sampah Organik

MUHAMMADIYAH.ID, PEKALONGAN –  Melalui mahasiswa Progam Studi D-3 Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pekajangan Pekalongan (UMPP) terus medorong pemanfaatan sampah organik rumah tangga. Hal itu dilakukan dengan keterlibatan mahasiswa UMPP menfasilitasi warga di Perumahan Villa Pisma Asri Desa Podo Kecamatan Kedungwuni, Pekalongan mengenai pemanfaatan sampah.

Progam yang sudah dijalankan sejak Maret 2019 sampai November 2019 ini merupakan progam hibah Kementrian Riset dan Teknologi (Kemenristekdikti) dalam bentuk Progam Kemitraan Masyarakat (PKM).

Dikatakan Nur Chabibah, Ketua PKM Waduk Pangan Bio-Somat, progam yang sudah dijalankan ini sebagai upaya meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap masalah penumpukan sampah. Adapun kegiatannya berupa sosialisasi pilah sampah pada Ibu-ibu, Bapak-bapak, anak dan remaja desa.

“Fasilitasi ini juga menuntut adanya penyegaran komunitas dan pengkaderan anggota komunitas peduli lingkungan di Villa Pisma Asri dengan bentuk pelatihan biokonversi sampah organik rumah tangga, aplikasi pemilihan dan pengolahan sampahh sampai pada pembentukan wahana edukasi berupa urban farming (konsep pertanian kota), “katanya melalui rilis yang diterima Muhammadiyah.id, pada (19/9/2019).

Kendati pengolahan sampah rumah tangga sulit direalisasikan, Nur Chabibah optimis bersama rekan dan warga mampu memanfaatkan sampah rumah tangga dengan baik melalui penekanan pengolahan sampah sejak dari dapur.

Selain itu, Nur Chabibah menekankan ke warga agar pemilihan dan pengelolaan sampah tidak hanya menjadi pengurangan sampah tetapi juga bernilai produktif bagi masyarakat dan mendorong terciptanya ruang terbuka hijau di Villa Pisma Asri melalui pengoptimalan pembuatan urban farming.

“Kegiatan ini juga mampu mengajak masyarakat dalam meningkatkan kemandirian  ekonomi dan kemandirian pangan melalui pemanfaatan sampah organik rumah tangga,” pungkasnya. (Andi)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *