Senin, 22 Juli 2019
Home/ Berita/ Mahasiswa UMSU Luncurkan Buku Pendidikan Karakter

Mahasiswa UMSU Luncurkan Buku Pendidikan Karakter

MUHAMMADIYAH.ID, MEDAN — Ambil peran dalam pengembangan karakter anak milenial, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) luncurkanbuku pendidikan karakter dengan pendekatan khas milenial ,’99.99 komik Strip Zaman Now’.

Keprihatinan terhadap lemahnya karakter generasi anak milenial dijawab melalui kreatifitas dan gagasan, sehingga membuahkan metode yang berdampak pada perbaikan. Usaha perbaikan karakter generasi milenial tersebut dengan memanfaatkan media komik. Dikemas cukup menarik dan interaktif, serta disampaikan dengan cara sederhana melalui penampakan gambar.

“Saya kira pendekatan pendidikan karakter melalui komik sangat kreatif dan gagasan yang sangat segar untuk menarik minat anak membaca sekaligus memahami pesan yang disampaikan,” ucap Rektor UMSU, Agussani, dalam rilis yang diterima pada Kamis (11/7).

Dijelaskan, komik karya mahasiswa ini bisa jadi alterantif yang menarik dalam mengajarkan tentang pendidikan karakter kepada anak-anak karena sangat interaktif. Penggunaan bahasa daerah dan Bahasa Inggris dalam cerita komik yang disusun sekaligus bisa menjadi sarana mendekatkan kembali kepada anak-anak tentang keragaman bahasa dan budaya daerah sekaligus Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

Pengaruh perkembangan teknologi komunikasi dan informasi banyak mengerus karakter dan budaya lokal. Disamping semakin hilangnya budaya lokal, generasi milenial banyak mengandrungi budaya yang berasal dari luar yang memiliki dampak negatif terhadap pergaluan mereka. Fenomena tersebut yang setidaknya menjadi alasan dipakainya bahasa daerah.

“Diharapkan dengan komik ini anak-anak bisa belajar Bahasa Inggris dan melestarikan bahasa daerah serta cerita yang diangkat adalah cerita-cerita pembangun karakter anak karena pembentukan karakter anak harus dimulai sejak usia dini,” Pungkas Fatimah Sari, Dosen Pendamping

Penerbitan buku komik ini dibiayai oleh Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Karena termasuk kedalam kegiatan hibah dari proposal Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tahun 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *