Kamis, 19 September 2019
Home/ Berita/ Agung Danarto Khutbah Idulfitri di Lapangan Nogotirto Sampaikan Nilai-nilai Dasar Islam

Agung Danarto Khutbah Idulfitri di Lapangan Nogotirto Sampaikan Nilai-nilai Dasar Islam

MUHAMMADIYAH.ID, SLEMAN - Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Agung Danarto memimpin sholat idulfitri dan khotib di lapangan Nogotirto, Gamping, Sleman, DIY, Rabu, (5/6).

Dengan judul “Menumbuhkan nilai-nilai dasar Islam”, Agung menyampaikan bahwa aktivitas selama bulan Ramadhan agar diteruskan di bulan-bulan setelahnya, karena selama 30 hari kita dilatih penuh untuk menahan hawa nafsu, lapar dan haus, serta meningkatkan ibadah-ibadah lainnya.

“Pelatihan ramadhan dengan segenap aktivitasnya itu merupakan bekal bagi kita semua untuk menjalani hari-hari dalam sebelas bulan ke depan,” ujarnya.

Dihadapan ratusan jamaah idulfitri yang diinisiasi Pimpinan Ranting Muhammadiyah Nogotirto ini, Agung Danarto mengajak membangkitkan dan menggelorakan semangat kembali kepada Alquran dan As Sunnah yaitu dengan nilai-nilai dasar yang mampu menciptakan tradisi dinamis bagi ummat Islam sehingga bisa bergerak dan berpacu mengoptimalkan potensi diri untuk meraih kemajuan peradaban.

Nilai-nilai itu antara lain, Pertama, Etos mencari ilmu dan mentradisikan belajar. Kedua, Mentradisikan yang baik dan menghilangkan kemungkaran. Ketiga, Berlaku adil. Keempat, mengembangkan ekonomi untuk mengentaskan kemiskinan. Kelima, Bersungguh-sungguh di jalan Allah.

“Lima nilai substansial ini, di samping nilai-nilai substansial lainnya mendesak untuk terus dibiasakan dan ditradisikan dalam kehidupan kaum muslimin sebagai upaya sesungguhnya dari Jargon “Al-Ruju’ilal Quran wa Al-Sunnah”, jelasnya.(dzar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *