Kamis, 19 September 2019
Home/ Berita/ UMSU Terus Tingkatkan Mutu Pendidikan Pasca Raih Akreditasi A

UMSU Terus Tingkatkan Mutu Pendidikan Pasca Raih Akreditasi A

MUHAMMADIYAH.OR.ID MEDAN – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) kembali melaksanakan kegiatan rutin tahunan pada Ramadhan 1440 H yaitu Silaturahim dan buka bersama Civitas Akademika UMSU Bersama Keluarga Besar Muhammadiyah Se-Sumatera Utara pada Sabtu (18/5) di Pasca Sarjana UMSU.

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Agussani dalam sambutannya mengatakan pada acara yang sama pada tahun lalu menyampaikan ada beberapa program strategis UMSU  diantaranya adalah program strategis dalam peningkatan kualitas program studi dibidang akreditasi kemudian bagaimana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara  dapat memperoleh Akreditasi A untuk Institusi.

“Alhamdulillah dengan kerja keras, kerja kolektif, kerja bersamadidukung dari PP Muhammadiyah, PWM Sumatera Utara, Badan Pembina Harian, Aisyiyah, Ortom dan seluruh stakeholder Civitas Akademika UMSU dengan langkah-langkah yang kita bangun itu secara perlahan dapat kita capai dan saat UMSU memperoleh Akreditasi A. Sampai saat ini ada 9 Prodi yang sudah terakreditasi A dan Insya Allah sekarang ini 11 Prodi sudah kita kirim untuk melengkapi, target diakhir tahun 2019 minimal 50% prodi kita yang berjumlah 34  prodi sudah terakreditasi,” jelasnya.

Menurut Agussani, ini merupakan amanah terutama dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah Majelis Dikti, ini merupakan kerja yang luar biasa, tidak akan mungkin ini dikerjakan hanya dengan seorang Rektor, hanya beberapa wakil rektor, tapi dengan semangat kebersamaan, integritas yang tinggi, rasa memiliki yang luar biasa dari seluruh komponen yang ada di Civitas Akademika UMSU Alhamdulillah dapat dicapai  hasil Akriditasi A dengan skor 366. Saat ini ada 4600 perguruan tinggi negri dan swasta seluruh Indonesia, yang sudah terakreditasi A hanya berjumlah 98.

“Tantangan kedepan dalam mempertahankan Akreditasi yaitu membenahi sarana-prasarana dan sumber daya, UMSU harus siap melahirkan 100 Doktor dan 7 Guru Besar untuk 4 tahun mendatang. Saat ini UMSU memiliki 68 Doktor dan 3 Guru Besar,” kata dia.

Dalam kompetisi pedidikan tinggi ini tidak hanya mengandalkan kekompakan dan sebagainya, tetapi harus ada keunggulan-keunggulan, diantaranya dari Dosen harus menulis Jurnal Internasional, dan melakukan penelitian-penelitian kolobrasi antara dalam dan luar negri dan juga mahasiswa aktif dalam bidang penelitian. Program-program peningkatan terutama sinergi antara persyarikatan dan amal usaha tentu akan menjadi prioritas Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sementara itu Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Utara Hasyim dalam sambutan singkatnya mengucapkan terimakasih kepada Rektor Universitas Sumatera Utara dalam memfasilitasi acara konsolidasi dan Pengajian  PWM Suamatera Utara.

“Sebagai warga Muhammadiyah harus lebih maju kedepan. Hadirnya Allah dalam setiap kita sadar,sejak bangun, sejak berfungsi rasio dan emosi kita maka Allah akan menggerakkan kita.  Adapun makna dari substantif Ramadhan ini dengan menghadirkan Allah dalam memotivasi kita, mendorong kita sebagai bahagian yang tidak terpisah dari kehidupan,” pungkasnya. (Syifa)

Sumber : Syahrin 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *