Selasa, 18 Desember 2018
Home/ Berita/ Presiden Uji Kecerdasan Santri Mu’allimin Mu’allimaat

Presiden Uji Kecerdasan Santri Mu’allimin Mu’allimaat

MUHAMMADIYAH.ID, YOGYAKARTA – Santri Mu’allimin dan Mu’allimaat mendapat tantangan menjawab pertanyaan dari Presiden RI Joko Widodo pada acara “Milad 1 Abad Madrasah Mu’allimin Mu’allimaat” pada Kamis (6/12) di Kampus Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah.

Pada kesempatan tersebut,  Jokowi memberikan pertanyaan seputar infrastruktur yang sebelumnya sudah ia sampaikan dalam sambutannya. Diko dan Azizah adalah santri yang diminta maju ke depan dan menjawab pertanyaan.

“Saya ingin menguji kecerdasan santri mu’allimin dan mu’allimaat. Coba, apa saja contoh infrastruktur yang kita bangun dan untuk apakah infrastruktur itu?” tanya Jokowi kepada Diko, santri mu’allimin kelas XII yang berasal dari Magetan.

Mendapatkan pertanyaan tersebut, Diko menjawab dengan menyebutkan macam-macam infrastruktur dan menjelaskan apa gunanya infrastruktur.

“Infrastruktur itu seperti jembatan, bandara, jalan tol. Infrastruktur dibangun untuk melancarkan mobilisasi, baik barang maupun orang. Sehingga kita bisa lebih mudah untuk saling terhubung,” jawabnya.

Kemudian Azizah, santri mu’allimaat kelas XII yang berasal dari Kutai Kartanegara mendapat pertanyaan tentang menyebutkan lima suku di Indonesia, beserta wilayahnya.

“Suku Dayak di Kalimantan, Suku Jawa di Pulau Jawa, Suku Asmat di Papua, Suku Bugis di Sulawesi dan Suku Batak di Sumatera, Pak,” jawab Azizah.

Di akhir, Jokowi memberikan foto kepada santri tersebut, dua foto cetak lengkap beserta covernya. (nisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *