Kamis, 13 Desember 2018
Home/ Berita/ Mahasiswa UM Ponorogo Lakukan Inovasi Alat Permainan Edukasi Dari Barang Bekas

Mahasiswa UM Ponorogo Lakukan Inovasi Alat Permainan Edukasi Dari Barang Bekas

MUHAMMADIYAH.OR.ID, PONOROGO - Berbekal kreatifitas, mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO). Lakukan inovasi pada Alat Permainan Edukasi (APE) untuk memperkenalkan sifat dasar magnet.

Dinamai “Tong Gravitasi”, APE hasil inovasi mahasiswa PG PAUD ini hanya berbahan barang bekas. Ketua tim, Dian Eka Pratiwi berujar bahwa minimnya pemanfaatan kaleng bekas bisa merusak ekosistem atau lingkungan. Karena kaleng bekas memiliki materi yang padat dan kuat, sehingga sulit terurai.

Karena alasan tersebut, kaleng dipilih sebagai bahan dasar dalam membuat APE. Masih menggunakan bahan bekas, kaleng bekas kemudian diberi ornamen dengan potongan botol plastik bekas, spanduk bekas berbahan vinly, serta pipa palaron kecil.

Berbekal kreatifitas, Dian beserta 2 rekannya, Mujiwati Amin dan Siti Rohmiatun melihat peluang pada barang bekas yang tidak termanfaatkan. Dari invoasi yang dilakukan, mereka berhasil menyabet juara di ajang perlombaan pada 3-4 oktober lalu di Semarang.

Dian berpesan untuk selalu kreatif dan memiliki cara yang unik dalam memandang benda-benda yang dianggap tidak berguna disekitar. Ia menambahkan, “Jangan hanya lantaran dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), lantas menyurutkan semangat kreatifitas.” Tutupnya. (A’n)

Sumber: Humas UMPO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *