Rabu, 12 Desember 2018
Home/ Berita/ Kalahkan Jepang dan Polandia, Mahasiswa UMS Raih Medali Emas Kompetisi Internasional

Kalahkan Jepang dan Polandia, Mahasiswa UMS Raih Medali Emas Kompetisi Internasional

MUHAMMADIYAH.OR.ID, BALI – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang tergabung dalam tim I-Mertion UMS berhasil menyabet medali EMAS dalam International Young Inventors Award (IYIA) di Bali, yang  diselenggarakan pada tanggal 19-22 September 2018 oleh Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA)

Dalam kejuaraan internasional ini tim UMS berhasil menyisihkan 317 Tim dari 15 Negara untuk kategori Science and Biotechnology.

INNOPA sendiri  merupakan lembaga non profit (NGO) yang hadir untuk menaungi dan mengakomodir innovator Indonesia untuk dapat bersaing di tingkat internasional .

Tergabung sebagai anggota penuh International Federation of Inventors' Associations (IFIA), INNOPA juga turut serta membantu dalam memperkenalkan inovasi karya anak bangsa Indonesia ke tingkat dunia.

Kegiatan ini diikuti oleh 15 negara diantaranya Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, Jepang, Korea Selatan, Rusia, Taiwan dan lain-lain.

Untuk kategori lomba Science and Biotechnology juara satu diraih oleh UMS, juara dua Osaka University, Jepang, dan  juara tiga Warsawa University, Polandia.

Sekadar diketahui, i-Mertion merupakan produk penelitian penyempurnaan sebelumnya dari Sidory (Simple Detector of Mercury) yang merupakan alat yang digunakan untuk mendeteksi merkuri dalam kosmetik yang berbahan dasar dari bahan alam (yaitu curcumin) dan diformulasikan dalam bentuk nanopartikel. (humas UMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *