Kamis, 13 Desember 2018
Home/ Berita/ SD Muhammadiyah Surakarta Ikuti Festival Gamelan International

SD Muhammadiyah Surakarta Ikuti Festival Gamelan International

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SURAKARTA – SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta mengikuti International Gamelan Festival (IGF) 2018 pada Kamis (9/8) di Plaza Sriwedari. Sebanyak 25 siswa turut serta memainkan gamelan dalam agenda yang bertemakan “Gamelan Homecoming” tersebut.

Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surabaya, Sri Sayekti, mengatakan harapannya bahwa melalui unjuk gigi gamelan ini, dapat meningkatkan percaya diri para siswa.

“Pada kesempatan kali ini, kami menampilkan Punakawan sebagai maskot Sekolah Budaya sekaligus mempersembahkan lagu-lagu nasional kolaborasi gamelan dengan musik modern dan membawakan materi wajib dari panitia,” katanya.

Dijelaskan Sri, Punakawan berarti simbol atau makna-makna yang bijaksana. 4 tokoh punakawan terdiri dari Semar dan ketiga anaknya, Gareng, Petruk, dan Bagong. Para Punakawan ditampilkan sebagai kelompok penceria dengan humor-humor khasnya untuk mencairkan suasana.

“Selain itu, Punakawan juga memiliki karakter masing-masing yang tentunya patut untuk diselami lebih dalam oleh anak-anak. Ada pesan bagaimana menjadi keluarga yang harmonis, anak-anak yang taat dan lain-lain,” katanya.

Sri berharap, kegiatan ini akan terus diadakan dalam rangka untuk membumikan gamelan dan peneguhan ruh pendidikan karakter bagi anak bangsa.

Turut hadir Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid, Wali Kota FX Hadi Rudyatmo, Wakil Wali Kota Achmad Purnomo, Pejabat MUSPIDA Kota Surakarta dan tamu undangan.  (nisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *