Selasa, 16 Oktober 2018
Home/ Berita/ STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta Lahirkan Lulusan Profesional

STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta Lahirkan Lulusan Profesional

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SURAKARTA -- STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta menyelenggarakan prosesi ucap janji dan penyematan lencana  prodi DIII Keperawatan dan DIII Kebidanan pada Selasa (16/5) di Auditorium Kampus STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta . Acara ini diikuti oleh 165 mahasiswa keperawatan dan kebidanan.

Wakil ketua I bidang akademik Cemy Nur Fitria, menyampaikan bahwa kegiatan yang biasa disebut  “upacara caping day” ini rutin dilakukan setiap tahun untuk mempersiapkan  mahasiswa masuk ke lahan praktek di rumah sakit, puskesmas atau lahan praktek lainnya.

“Setelah selesai studi, mahasiswa akan dihadapkan pada tantangan  masyarakat yang terus berkembang dan dinamis. Maka dari itu perlu adanya adaptasi dan mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat,” ujarnya.

Prosesi capping day tersebut, dibina langsung oleh Weni Hastuti, Ketua STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta. Kemudian dilanjutkan pembacaan sumpah, ikrar dan janji mahasiswa. Weni menjelaskan, ucap janji bertujuan agar mahasiswa yang telah mendapatkan lencana profesi akan selalu menjunjung tinggi etika, norma dan nilai-nilai profesi keperawatan dan kebidanan dalam praktik dan pengabdian.

“Mahasiswa harus siap melayani pasien tanpa membedakan pangkat, agama, dan golongan. Mahasiswa wajib menghormati dosen, pembimbing klinik dan menjunjung tinggi almamater,” ungkapnya.

Acara Caping Day ini juga dirangkai dengan pembekalan soft skill mahasiswa  dengan tema "Menjadi Yang Terbaik" oleh Andri Putranto. (nisa)

Sumber: Teguh Wahyudi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *