Sabtu, 18 Agustus 2018
Home/ Berita/ Menanggulangi Hoax Adalah Dakwah Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Menanggulangi Hoax Adalah Dakwah Amar Ma’ruf Nahi Munkar

MUHAMMADIYAH.OR.ID., PURWAKARTA – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Purwakarta menerima kunjungan dari Jajaran Pimpinan Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Purwakarta di Masjid Ittihad, Komplek Kantor PDM Purwakarta pada Selasa (15/5).

Kapolres Purwakarta, Twedi Aditya Bennyahdi, menyampaikan gagasannya terkait situasi dunia maya saat ini semakin tidak kondusif, terlebih mendekati PILKADA serentak dan dimungkinkan berita-berita hoax akan terebar secara massif.

“Penyebaran berita-berita hoax sudah massif di dunia maya, khususnya mendekati PILKADA pasti banyak oknum yang melakukan berbagai cara untuk menyebarkan isu-isu yang belum tentu benar,” terang Twedi.

Twedi berharap adanya peran aktif para Pemuda Muhammadiyah untuk menanggulangi berita yang tidak ada bukti fakta tersebut dan lebih banyak bersifat provokatif serta adu domba.

Kebanyakan pengguna sosial media adalah anak muda, tentunya aktivis muda Muhammadiyah juga harus membantu dalam menangkal isu-isu yang bersifat hoax itu.

Kemudian Ketua PDM Kabupaten Purwakarta, Dayat Hidayat, menyampaikan terkait pentingnya kerukunan antar umat beragama. Terjadinya persinggungan dan sentimensi antar umat beragama rata-rata terjadi akibat isu atau berita yang tidak benar di dunia maya.

“Berita-berita hoax sebenarnya dapat memicu ketegangan antar umat beragama, tentu untuk menanggulangi kasus-kasus tersebut tentu peran aktif seluruh elemen masyarakat khususnya Muhammadiyah untuk mencegah kejadian tersebut merupakan hal yang sangat penting,” jelas Dayat.

Dayat menjelaskan bahwa penanggulangan berita-berita yang dianggap tidak berdasar tersebut merupakan bagian dari dakwah amar ma’ruf nahi mungkar, terlebih mencegah perpecahan atara kedua belah pihak.

Pada kegiatan itu, turut hadir jajaran pimpinan Polrestabes dan PDM Kabupaten Purwakarta ini dihadiri oleh pimpinan Polres, PDM, dan Ortom Kabupaten Purwakarta. (nisa)

Kontributor: Nuur Wachid

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *