Sabtu, 20 Januari 2018
Home/ Berita/ Menulis Merupakan Bagian dari Keterampilan

Menulis Merupakan Bagian dari Keterampilan

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA -Menulis buku itu mudah.  semua orang dapat menulis buku. Hal itulah yang ditekankan dalam Workshop Menulis Buku dari Nol sampai terbit buku yang dipandu oleh M Husnaini,  penulis buku  populer  pada Kegiatan Pelatihan Menulis, Kamis, (11/1) bertempat di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. 

Husnaini menekankan bahwa siapapun dapat dengan mudah menulis sebuah buku. 

"Asalkan mau istiqomah dan rutin,  menulis buku menjadi sangat mudah," ungkap pria asal Lamongan ini. 

Ia juga menambahkan bahwa tanpa memulai untuk menulis maka tulisan dan buku tidak akan pernah tercipta. 

"Di era media sosial seperti ini,  menulis menjadi sangat mudah sebab kita bisa saja sewaktu-waktu menulis ide yang tiba-tiba muncul di kepala, lantas bisa kita kumpulkan dan dijadikan buku,” ungkapnya di sela sela pelatihan.

“Karena menulis adalah keterampilan,  maka menulis bisa dipelajari oleh siapapun," imbuhnya. 

Penulis yang juga sedang mengenyam pendidikan di IIUM Malaysia tersebut juga mencontohkan penulis-penulis buku ringan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

"Orang datang ke toko buku itu untuk mencari hiburan,  melepas kepenatan maka penulis yang cerras itu yang mampu membuat pembahasan yang sulit menjadi mudah untuk dipahami oleh orang lain," sambungnya.

Dihadapan 50 peserta,  yang terdiri dari dosen UNISA dan Serikat Taman Pustaka Muhammadiyah, Husnaini menyampaikan harapan nya agar semua yang hadir bisa membuat dan menulis buku,  minimal satu buku selama hidup. 

"Menulis buku hanya soal perkara mencintai jalan sunyi,  kita dituntut untuk menciptakan karya dengan jalan lain yang kita sukai,  yang sering kita temui dalam keseharian kita, " katanya.

Setelah pelatihan ini,  Ia berharap para peserta minimal menulis sebuah buku antologi bersama dan diterbitkan bersama untuk memotivasi diri kita agar lebih giat menulis buku. (Syifa) 

Kontributor: Irvan Shaifullah 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *