Sabtu, 20 Oktober 2018
Home/ Berita/ Jokowi: Pemuda Islam Indonesia Merupakan Fondasi Kedamaian Negara

Jokowi: Pemuda Islam Indonesia Merupakan Fondasi Kedamaian Negara

MUHAMMADIYAH.OR.ID, KALASAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadiri Apel Akbar dan Kemah Kebangsaan yang diikuti oleh Pemuda Muhammadiyah dan Gerakan Pemuda (GP) Ansor. Acara yang digelar pada Sabtu (16/12) bertempat di Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan ini mengangkat tema “Pemuda Hebat Menjaga Bumi”.

Acara yang dihadiri 20.000 Pemuda Muhammadiyah dan GP Ansor dari berbagai wilayah ini diinisiasi oleh Kemenpora.

Dalam sambutannya Jokowi menyampaikan bahwa kedatangannya ke Yogyakarta ini hanya satu agenda, yaitu menjadi inspektur upacara dalam acara ini. "Bagi saya semangat acara ini menjadi fondasi kedamaian di Indonesia", ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengatakan karena ukhuwah Islamiah,  Wathaniyah, dan Basariyah (persaudaraan kemanusiaan),  Islam yang toleran di Indonesia ini menjadi inspirasi bagi dunia unuk menciptakan perdamaian di negaranya.

"Sebagai pewaris darah juang para ulama, KH Hasyim Asy'ari dan KH. Ahmad Dahlan kita harus mencontoh mereka sebagai pejuang yang menciptakan Islam yg rahmatan lil alamin di Indonesia ini", ujar Jokowi.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi menjelaskan tema “Pemuda Hebat Menjaga Bumi” dipilih untuk menegaskan komitmen pemuda Indonesia menjaga bumi Indonesia,  NKRI tercinta agar tetap lestari untuk kebaikan generasi, secara ideologis dan juga ekologis.

"Perbedaan agama, suku, ras, dan budaya tidak akan mengurangi komitmen persatuan sebagai negara-bangsa yakni satu bangsa, satu nusa, satu bahasa- Indonesia,” ucap Imam.

Apel Kebangsaan ini juga dihadiri Mendikbud Muhadjir Effendi, Menko Polhukam Wiranto,  Panglima TNI Jadi Tjahjanto, Menseskab Pramono Anung, Menteri Desa dan Transmigrasi Eko Sanjoyo, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (adam/dzar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *